Selasa, 17 Desember 2013

Ono Gaf Seniman Baja asli Malang berkelas International

Ono gaff atau pemilik nama asli ono sumarsono. pada awalnya Pak ono tinggal dilingkungan yang penuh dengan barang-barang logam bekas. melihat semacam itu ono berfikir untuk memanfaatkan barang-barang bekas tersebut. Hingga sekarang ono gaff yang tinggal di daerah Jl. semeru gang gereja tersebut benar2 menggeluti bidang tersebut sebagai seni. masyarakat menganggapnya "seniman Baja".

Ono gaff pun mewariskan bakat seninya ke anak dan cucu2nya. selain itu ono juga terbuka untuk mengajari setiap orang untuk belajar seni kepada beliau. Ono paling tidak suka dengan orang yang tidak bisa bisa menghargai seorang seniman. Beliau tidak menjadikan seni sebagai sumber penghasilan karena menurut beliau "Seni itu Untuk Seni, seni bukan untuk komersil".

Dikesempatan lain ono juga sering memberikan seminar, ikut pameran seni dan sebagainya. karya beliau banyak di pamerkan di ICC (International Culture Center) di Pandaan. karya pak ono juga ada di eco green park, selecta, jatim park, dan juga di beberapa kota lain. tidak kalah di kancah international, karya beliau juga ada di new zelan, australia, amerika, korea selatan dan beberapa negara lain.
 
Untuk mendapatkan besi2 bekas biasanya ono mencari di pasar loak, beliau mencari sedikit-sedikit, tidak pernah langsung memborong banyak. karena tidak asal besi bisa di pakai.

Beliau pernah berucap "kalau orang kaya, kaya dengan hartanya, kalau saya kaya dengan ilmu", itu terbukti dari ratusan koleksi buku2 beliau. ketika saya kerumahnya saya melihat tumpukan buku yang saya tidak bisa menghitung jumlahnya, selain itu juga ada tumpukan besi2 bekas yang beliau dapatkan dari pasar2 besi.

selain bisa membuat seni baja ono gaff juga bisa membuat lukisan2. banyak kenalan beliau orang-orang luar negri.

"Orang menganggap aneh karena saya berbicara dengan besi, tapi menurut saya itulah seni"
-Ono Gaff-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar